Buat Harga Gabah Soppeng Lebih Mahal, Begini Cara yang Akan Ditempuh SUKSES




SOPPENG - Kabar baik bagi petani di Soppeng. Harga gabah kering panen yang biasanya anjlok saat panen raya, diyakinkan tak akan lebih murah dibanding harga di kabupaten lain di Sulsel. 


Hal itu ditegaskan oleh Calon Bupati Soppeng, H. Suwardi Haseng, saat berkampanye dialogis di Dusun Lawara, Desa Rompegading, Kecamatan Liliriaja, Sabtu, 26 Oktober 2024, malam. 


Komitmen itu muncul saat menjawab pertanyaan seorang tokoh masyarakat di wilayah itu, Pak Janggo. "Kami ini bermasalah di harga gabah yang biasa naik turun pak. Mohon dijaga itu agar harga gabah tetap tak merugikan kami," katanya. 


H. Suwardi yang selama ini banyak mengurusi masalah pertanian di DPRD Sulsel mengatakan, dirinya memberi jaminan bahwa harga jual gabah kering panen di Soppeng tak akan lebih murah dibanding daerah lain di Sulsel. "Harga gabah kering panen itu sudah ditentukan pemerintah. Tetapi, saya memberi jaminan bahwa harga kita di Soppeng akan lebih tinggi dibanding daerah sekitar," katanya. 


Ia tak mengada-ada dengan komitmen itu. Menurutnya, sejumlah langkah akan ditempuhnya. "Salah satunya, Pemda Soppeng nantinya harus banyak mengintervensi dalam penyerapan gabah ini. Pimpinan daerah akan mengkonsolidasi secara rutin dan ketat dengan pedagang, penggilingan dan pihak Bulog," katanya. 


Petani Soppeng kata H. Suwardi, punya daya tawar yang tinggi karena memiliki produksi gabah yang tinggi dan juga kualitas terbaik. "Pedagang dari luar senang beli gabah di Soppeng, karena di sini banyak stok dan kualitas beras bagus. Kita harus memaksa mereka agar tak beli murah di Soppeng. Jangan masuk ke Soppeng jika mau beli rumah, di sini ada kualitas," katanya, yang disambut tepuk riuh sekira 500-an warga. 


Menurutnya, penyerapan gabah secara konsisten oleh Bulog juga menjadi kunci menstabilkan harga gabah. "Bulog punya peran besar di sini karena mereka memiliki gudang. Jika mereka konsisten menyerap beras dari penggilingan lokal, maka otomatis juga akan membuat harga gabah bisa konsisten dan tak berfluktuasi. Komunikasi intensif akan terus dilakukan dengan Bulog Soppeng dan kalau perlu langsung ke Bulog Pusat," ujarnya. 


Desa Rompegading adalah wilayah strategis dalam perebutan suara di Pilkada Soppeng. Desa ini memiliki 5 TPS dan mengontrol pemilih sebesar 2.103 pemilih. SUKSES punya target besar di wilayah ini yaitu 75 persen dari total suara sah. (*)

Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال