Sejuta Manfaat Ikut Program KB



BANYAK keuntungan bila seseorang ikut program menjalani keluarga berencana. Apa sajakah itu?

Seperti yang disampaikan dr. Julianto Witjaksono AS., MGO, Sp.OG, K-FER selaku Deputi Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN bahwa berbagai manfaat dari pasangan menjalani program berencana sangatlah beragam, di antaranya seperti mencegah kematian ibu saat melahirkan. Kondisi itu bisa terjadi karena banyak wanita yang belum siap secara reproduksi, yang umumnya berumur antara 15 sampai 19 tahun.

Selain penjelasan di atas, masih ada manfaat lain dari ikut program keluarga berencana.

Untuk memperjelas apa sajakah itu? Berikut dr. Witjaksono menjelaskan keuntungan dari ikut program berencana agar kita lebih memahami:

1. Pemeliharaan dan peningkatan kesejahteraan keluarga bisa terbina lebih baik.

2. Kematian ibu bisa dihindari saat persalinan, rata-rata jumlah kasus aborsi dan kehamilan yang tak diinginkan menurun.

3. Pemberian perlindungan kesehatan maternal si ibu dari masa kehamilan, persalinan sampai nifas, dan perlindungan kontrasepsi. Sehingga ibu dan anak tetap sehat seusai melahirkan

4. Penghematan biaya kesehatan dan pendidikan, entah terhindar dari investasi biaya pendidikan dan juga dari biaya kesehatan reproduksi akibat kehamilan yang tak diinginkan.

5. Persentase unmet need ( kebutuhan alat kontrasepsi yang belum terpenuhi) bisa ditekan sesuai target. (ind)
Lebih baru Lebih lama

نموذج الاتصال